SEJARAH PERKEMBANGAN ANIMASI DUNIA DARI TAHUN 2000 HINGGA SAAT INI
Nama: Irene Richalaes Putri
Kelas: 3MA26
NPM: 10821429
MATKUL: Produksi Animasi
SEJARAH PERKEMBANGAN ANIMASI DUNIA DARI TAHUN 2000 HINGGA SAAT INI
Konten animasi terus berkembang dari masa ke masa. Sejarah animasi di dunia diperkirakan dimulai pada awal abad ke-20, bersama dengan popularitas film tanpa suara. Berbagai proses penggunaan suara, tampilan, dan teknologi yang lebih canggih semuanya berkontribusi pada perkembangan konten animasi ini.
- Era Animasi Modern (2000 - sekarang)
- Animasi Konvensional (2000-2010):
a. Tradisional: Pada awal abad 21, animasi konvensional masih dominan, yang menggunakan teknologi seperti gambar tepi, animasi stop motion, dan rotoscoping. Film animasi seperti "Shrek" (2001) dan "Kung Fu Panda" (2008) menunjukkan bahwa animasi konvensional masih populer dan memiliki daya serap pasaran.
b. 3D Animasi Konvensional: Pada tahun 2000-an, teknologi 3D konvensional, seperti animasi dengan kaos dan model fisik, juga menjadi lebih populer. Film seperti "Polar Express" (2004) dan "The Road to El Dorado" (2000) menggunakan teknologi ini.
- Animasi Digital (2010-sekarang):
a. Animasi CGI (Computer-Generated Imagery): Pada tahun 2010-an, teknologi animasi digital, khususnya CGI, mulai menjadi lebih tersebar di industri animasi. Film seperti "Toy Story" (1995) dan "Finding Nemo" (2003) memperkenalkan CGI kepada publik dan membuat animasi digital semakin populer.
b. Render dan Peramalan Fisika: Peningkatan kemampuan komputer dalam menghasilkan efek realistis dan peramalan fisika memungkinkan animasi digital untuk mencapai kualitas yang lebih tinggi.
"Monsters, Inc." adalah film animasi komedi 3D yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini menceritakan tentang kota Monstropolis, yang seluruh penduduknya adalah monster, dan perusahaan bernama Monsters Inc. yang menghidupi kota ini dengan menghidupi anak-anak dari dunia manusia.
Film ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti James P. Sullivan atau Sully, monster berukuran besar dan memiliki raungan yang garang, Mike Wazowski, monster berwarna hijau dengan dua tanduk, dan Boo, anak kecil yang memiliki kulit berwarna putih dan mata bulat.
Produksi film animasi "Monsters, Inc." melibatkan perancangan, desain karakter, pembuatan animasi, dan pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "Monster Zoon" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi.
"Finding Nemo" adalah film animasi tahun 2003 yang dibuat oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini berlatar tempat di perairan Australia dan menceritakan tentang seekor ikan badut bernama Marlin yang pernah kehilangan pasangan dan ratusan anak-anaknya saat anak-anak tersebut masih dalam bentuk telur.
Produksi film animasi "Finding Nemo" melibatkan beberapa langkah, mulai dari pembuatan konsep, pengembangan karakter, pembuatan animasi, hingga pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "Finding Nemo" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi.
Film ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti Marlin, ikan badut yang terlalu protektif terhadap anaknya, Nemo, dan Dory, ikan blue tang yang pelupa. Film ini juga memiliki beberapa trope, seperti Ayah Overprotektif: Marlin.
Produksi film animasi "SpongeBob SquarePants" melibatkan beberapa langkah, mulai dari pembuatan konsep, pengembangan karakter, pembuatan animasi, hingga pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "SpongeBob SquarePants" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi.
Program animasi ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti SpongeBob, Mr. Krabs, Patrick Star, Squidward Tentacles, dan Sandy Cheeks. Film ini juga memiliki beberapa trope, seperti Ayah Overprotektif: Mr. Krabs.
"Up" adalah film animasi komedi-drama yang disutradarai oleh Pete Docter dan diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Film ini menceritakan tentang seorang lansia bernama Carl Fredricksen yang ingin mengunjungi tempat tinggalnya di Paraguay, tetapi dengan cara yang tidak biasa. Carl menggunakan balon untuk mengangkut rumahnya ke sana.
Produksi film animasi "Up" melibatkan beberapa langkah, mulai dari pembuatan konsep, pengembangan karakter, pembuatan animasi, hingga pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "Up" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi.
Film ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti Carl Fredricksen, Russell, Dan Scout, Dug, Kevin, yang menjadi kompas pada Carl, dan Ellie.
Referensi:
https://tirto.id/sejarah-perkembangan-animasi-dunia-dari-masa-ke-masa-gPeF
https://id.wikipedia.org/wiki/Monsters,_Inc.
https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/IdAnimasiBarat/FindingNemo
Komentar
Posting Komentar