SEJARAH PERKEMBANGAN ANIMASI DUNIA DARI TAHUN 2000 HINGGA SAAT INI

Nama: Irene Richalaes Putri

Kelas: 3MA26

NPM: 10821429

MATKUL: Produksi Animasi

SEJARAH PERKEMBANGAN ANIMASI DUNIA DARI TAHUN 2000 HINGGA SAAT INI

Perkembangan Film Animasi - IDS Education

    Konten animasi terus berkembang dari masa ke masa. Sejarah animasi di dunia diperkirakan dimulai pada awal abad ke-20, bersama dengan popularitas film tanpa suara. Berbagai proses penggunaan suara, tampilan, dan teknologi yang lebih canggih semuanya berkontribusi pada perkembangan konten animasi ini.

    Animasi telah berkembang menjadi bentuk seni yang sangat beragam saat ini dan dapat ditemukan di berbagai jenis media, seperti film, televisi, video game, dan konten internet. Animasi akan menjadi salah satu jenis seni yang paling menarik dan berpengaruh dalam sejarah dunia hiburan karena akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kreativitas seniman.
  • Era Animasi Modern (2000 - sekarang)
    Era animasi modern ini ditandai dengan penggunaan teknologi canggih dalam membuat animasi seperti CGI. Selain itu, jenis film animasi yang hadir tidak hanya dalam bentuk 2D saja, tetapi juga 3D, 4D, bahkan realitas virtual (VR).

    Pengembangan teknologi animasi dalam dua dekade terakhir telah menjadi pesat dan menarik, dengan perubahan yang signifikan dari animasi konvensional hingga teknologi digital. Berikut adalah ringkasan perkembangan animasi konvensional dan digital dari tahun 2000 hingga sekarang:

  • Animasi Konvensional (2000-2010):

a. Tradisional: Pada awal abad 21, animasi konvensional masih dominan, yang menggunakan teknologi seperti gambar tepi, animasi stop motion, dan rotoscoping. Film animasi seperti "Shrek" (2001) dan "Kung Fu Panda" (2008) menunjukkan bahwa animasi konvensional masih populer dan memiliki daya serap pasaran.

b. 3D Animasi Konvensional: Pada tahun 2000-an, teknologi 3D konvensional, seperti animasi dengan kaos dan model fisik, juga menjadi lebih populer. Film seperti "Polar Express" (2004) dan "The Road to El Dorado" (2000) menggunakan teknologi ini.

  • Animasi Digital (2010-sekarang):

a. Animasi CGI (Computer-Generated Imagery): Pada tahun 2010-an, teknologi animasi digital, khususnya CGI, mulai menjadi lebih tersebar di industri animasi. Film seperti "Toy Story" (1995) dan "Finding Nemo" (2003) memperkenalkan CGI kepada publik dan membuat animasi digital semakin populer.

b. Render dan Peramalan Fisika: Peningkatan kemampuan komputer dalam menghasilkan efek realistis dan peramalan fisika memungkinkan animasi digital untuk mencapai kualitas yang lebih tinggi.

Berikut adalah 5 contoh animasi yang muncul di tahun 2000-sekarang:

1. Monsters, Inc. (2001)

Serial 'Monsters, Inc.' Soroti Hidup Para Monster Pekerja

    "Monsters, Inc." adalah film animasi komedi 3D yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini menceritakan tentang kota Monstropolis, yang seluruh penduduknya adalah monster, dan perusahaan bernama Monsters Inc. yang menghidupi kota ini dengan menghidupi anak-anak dari dunia manusia.

    Film ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti James P. Sullivan atau Sully, monster berukuran besar dan memiliki raungan yang garang, Mike Wazowski, monster berwarna hijau dengan dua tanduk, dan Boo, anak kecil yang memiliki kulit berwarna putih dan mata bulat.

    Produksi film animasi "Monsters, Inc." melibatkan perancangan, desain karakter, pembuatan animasi, dan pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "Monster Zoon" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi.

2. Finding Nemo (2003)

Finding Nemo | Disney Movies

    "Finding Nemo" adalah film animasi tahun 2003 yang dibuat oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini berlatar tempat di perairan Australia dan menceritakan tentang seekor ikan badut bernama Marlin yang pernah kehilangan pasangan dan ratusan anak-anaknya saat anak-anak tersebut masih dalam bentuk telur.

    Produksi film animasi "Finding Nemo" melibatkan beberapa langkah, mulai dari pembuatan konsep, pengembangan karakter, pembuatan animasi, hingga pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "Finding Nemo" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi.

    Film ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti Marlin, ikan badut yang terlalu protektif terhadap anaknya, Nemo, dan Dory, ikan blue tang yang pelupa. Film ini juga memiliki beberapa trope, seperti Ayah Overprotektif: Marlin.

3. The SpongeBob SquarePants Movie (2004)

Classic Moments Supercut

    "SpongeBob SquarePants" adalah program animasi yang diperancang oleh Stephen Hillenburg dan diproduksi oleh Nickelodeon. Program ini menceritakan kehidupan seorang ikan bola bernama SpongeBob SquarePants, yang tinggal di Bikini Bottom, sebuah kota di bawah laut. SpongeBob bekerja di sebuah restoran kelapa, Krusty Krab, yang dikelola oleh Mr. Krabs.

    Produksi film animasi "SpongeBob SquarePants" melibatkan beberapa langkah, mulai dari pembuatan konsep, pengembangan karakter, pembuatan animasi, hingga pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "SpongeBob SquarePants" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi. 

    Program animasi ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti SpongeBob, Mr. Krabs, Patrick Star, Squidward Tentacles, dan Sandy Cheeks. Film ini juga memiliki beberapa trope, seperti Ayah Overprotektif: Mr. Krabs.

4. Ratatouille (2007)

Ratatouille | Disney Movies

    "Ratatouille" adalah film animasi-komedi yang disutradarai oleh Brad Bird dan diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Film ini menceritakan tentang seekor tikus bernama Remy yang bermimpi untuk menjadi seorang Chef Perancis, meski seorang tikus dianggap sebagai binatang yang kotor. Sampai suatu waktu, ia berkesempatan untuk menjadi chef melalui seorang tokoh bernama Linguini. 

    Produksi film animasi "Ratatouille" melibatkan beberapa langkah, mulai dari pembuatan konsep, pengembangan karakter, pembuatan animasi, hingga pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "Ratatouille" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi. 

    Film ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti Remy, Linguini, dan skorpen bernama Skinner.

5. Up (2009)

Up (film 2009) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    "Up" adalah film animasi komedi-drama yang disutradarai oleh Pete Docter dan diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Film ini menceritakan tentang seorang lansia bernama Carl Fredricksen yang ingin mengunjungi tempat tinggalnya di Paraguay, tetapi dengan cara yang tidak biasa. Carl menggunakan balon untuk mengangkut rumahnya ke sana.

    Produksi film animasi "Up" melibatkan beberapa langkah, mulai dari pembuatan konsep, pengembangan karakter, pembuatan animasi, hingga pengembangan teknologi. Proses produksi film animasi 2D yang digunakan dalam produksi "Up" mencakup tahap pra-produksi, produksi, dan pos-produksi. 

    Film ini memiliki beberapa karakter yang menarik, seperti Carl Fredricksen, Russell, Dan Scout, Dug, Kevin, yang menjadi kompas pada Carl, dan Ellie.


Referensi:

https://tirto.id/sejarah-perkembangan-animasi-dunia-dari-masa-ke-masa-gPeF

https://id.wikipedia.org/wiki/Monsters,_Inc.

https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/IdAnimasiBarat/FindingNemo

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/26/112031270/sejarah-spongebob-squarepants-animasi-ciptaan-hillenburg-yang-mendunia?page=all

https://www.fimela.com/tag/ratatouille/profile

https://www.cermati.com/artikel/animasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN 2 ANIMASI

My Passion